Minggu, 28 Maret 2010

Schwerer Gustav Rail Gun


Germany (1931-1945)
Rail Gun / Altilery


Schwerer Gustav atau Dora Gun adalah nama yang disandang senjata ini. Merupakan meriam terbesar yang pernah disaksikan umat manusia, monster ini diciptakan oleh NAZI Jerman pada Perang Dunia II, dan masuk ke dalam kategori Rail Gun/Heavy Altilery. Dikembangkan oleh Krupp Metalwerks pada akhir 1930, meriam ini memang di rancang untuk menghancurkan benteng, bunker dan bangunan lapis beton lainnya.


Diameter pelurunya? 800 milimeter (80 centimeter). Pelurunya terdiri dari dua jenis, High Explosive (HE), dan Armor Piercing (AP). HE mempunyai berat 4.8 ton, sedangkan AP yang biasa digunakan untuk membobol lapisan beton mempunyai berat 7.1 ton. Meriam ini sanggup melontarkan peluru-peluru itu sejauh 35 Km. Berat total meriam ini adalah 1.350 ton, dan diperlukan 3000 orang untuk mempersiapkan dan mengoperasikan meriam ini. Tinggi meriam ini 11 meter, dengan lebar 7 meter, dan butuh 2 pasang (4 track) rel untuk memindahkan meriam ini.


Pada awalnya, Gustav dipersiapkan untuk menghancurkan benteng Maginot di Perancis, tetapi karena waktu persiapan yang terlalu lama, pada akhirnya Gustav dipakai pada Operasi Barbarossa untuk menyerang Benteng Sevastopol milik Rusia, dimana Gustav memuntahkan lebih dari 30.000 ton amunisi.


Pasca Perang Dunia, sangat disayangkan meriam ini tidak ditemukan jejak-jejaknya. Ada kemungkinan pasukan Sekutu mempreteli meriam raksasa ini untuk diambil besinya.
 zaldy
(dari berbagai sumber)

0 komentar:

Officer In Charge

Foto saya
Saya suka semua hal yang berbau militer. jika ingin menyumbangkan bahan, gambar, atau tulisan silahkan kirim ke rizaldy.baggus@yahoo.co.id

Visitor's Map

Gallery

Gallery
Sverdlov Class Battleship