Kamis, 08 April 2010

Tank Mini dari India




Tren membuat sebuah kendaraan kecil ternyata sekarang tidak hanya menghinggapi segmen mobil saja, karena kini kendaran lapis baja semisal tank ukurannya pun juga akan segera mengecil.

Adalah sebuah perusahaan asal India, Metaltech Motor Bodies Pvt Ltd, yang
mempelopori hal tersebut dengan mengeluarkan sebuah kendaraan lapis baja bernama A-TAC yang berukuran sebesar kancil atau Bajaj.

Kendaraan lapis baja mungil yang anti peluru tersebut diperlihatkan dalam sebuah pameran senjata di New Delhi, India dan ditujukan untuk melawan
serangan-serangan teroris di tempat-tempat sempit seperti bandara, hotel atau stadion.

Karena dengan ukurannya yang mini, A-TAC bisa masuk ke lorong-lorong atau bahkan masuk ke lift untuk menyelamatkan sandera.

"Ini adalah produk yang lahir dari rasa tak berdaya kita di atas jatuhnya korban dalam beberapa serangan. Kami meletakkan kepala dan hati kita bersama-sama dan datang dengan A-TAC," ujar Direktur JB Sehrawat seperti detikOto kutip dari autoevolution, Jumat (19/2/2010).

Pernyataan tersebut tidaklah aneh. Sebab lahirnya A-TAC memang dilihami dari serangan teroris di Bombay pada 2008 lalu yang menyerang hotel-hotel di India selama tiga hari lamanya dan menewaskan 166 orang.

Kendaraan lapis baja mini ini sendiri digerakkan dengan menggunakan tenaga
baterai dan dapat membawa dua petugas bersenjata lengkap. Baterai ini mampu
membawa petugas berjalan 25 km/jam selama sekitar 6 jam.

Sementara untuk harganya, Metaltech Motor Bodies Pvt Ltd membanderol A-TAC
dengan harga 2 juta rupee atau sekitar Rp 402,22 jutaan. Dan hebatnya, meskipun berukuran sangat kecil, A-TAC mampu menahan tembakan atau bahkan ledakan granat.

"Ini adalah konsep besar sebagai satuan tempur yang kompak untuk kebutuhan
hari," India's Defence Research and Development Organisation, KJ Rao.


(Sumber: detik oto)

0 komentar:

Officer In Charge

Foto saya
Saya suka semua hal yang berbau militer. jika ingin menyumbangkan bahan, gambar, atau tulisan silahkan kirim ke rizaldy.baggus@yahoo.co.id

Visitor's Map

Gallery

Gallery
Sverdlov Class Battleship